Website Seputar Kata Kata, Fashion, Lifestyle, Kecantikan, Hiburan, Kesehatan, Kuliner, Family, Elektronik, Otomotif, Teknologi, Wisata, Olahraga dan Lain - Lain Terbaru

Wisata Pulau Lombok 5 Tempat Dengan Pesona Indah Banget

Wisata Pulau Lombok merupakan wisata alternatif dari Pulau Bali yang biasanya dikunjungi oleh para wisatawan lokla maupun turis dari luar negeri ini begitu populer untuk dijadikan tempat wisata yang menyenangkan. Karena keindahan yang ditawarkan dari pulau Lombok yang kata kalah indahnya jika dibanding dengan Pulau Bali. Letak Pulau Lombok yang berada di sebelah pulau Bali ini, sering dijadikan oleh pengunjung sebagai alternatif dari Bali. Karena panorama pemandangan yang indah dan sangat memanjakan setiap mata ang melihatnya. Pulau Lombok memiliki banyak spot untuk dikunjungi, maka tak heran jika pulau ini selalu ramai oleh para turis lokal serta turis asing. Pulau Lombok sendiri memiliki hampir jumlah penduduk yang mencapai hampir 3 juta jiwadan dengan luas pulai seluar 5.435 km per segi, hingga menempatkan pulau tersebut pada peringkat 108 dari daftar pulau yang berdasarkan luasnya di dunia.

Kota yang menjadi kota utama di pulau ini adalah kota Mataram, sering juga disebut kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisah oleh Selat Lombok dari Bali yang berada di sebelah barat serta Selat Alas dengan posisi yang berada di bagian timur Pulau Sumbawa. Dengan mengunjungi tempat wisata Pulau Lombok pesona alam terindah yang pastinya akan memanjakan setiap mata yang melihat. Di Pulau Lombok juga terdapat suku Sasak, dimana bahasa yang digunakan adalah bahasa nasional atau Indonesia dan bahasa dari suku Sasak sendiri. Dalam keseharian para penduduknya lebih sering menggunakan bahasa Sasak dan menjadi bahasa utama di daerah Lombok. Adapun dialek yang digunakan berbeda-beda yakni dealek Lombok utara, tengah, timur laut serta tenggara. Selain itu banyak juga suku Bali yang tinggal di Pulau Lombok, seperti yang dapat dijumpai pada beberapa tempat terutama di bagian Lombok Barat serta Kotamadya Mataram.

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan ikon dari Pulau Lombok sekaligus menjadi tempat wisata yang paling terkenal. Dengan ketinggian lebih dari 3.700 dari permukaan laut, menjadikan Gunung Rinjani sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Gunung Rinjani juga mempunyai nilai spiritual bagi umat Hindu, sebab dianggap sebagai tempat para dewa. Gunung Rinjani menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang suka mendaki gunung, gunung Rinjani juga dianggap memiliki pemandangan yang paling indah se Asia, karena itulah banyak orang yang mendaki gunung ini untuk dapat menikmati keindahan alam sekitar gunung Rinjani. Butuh beberapa hari untuk bisa mencapai puncak gunung Rinjani, dan diperlukan kekuatan fisik maupun mental untuk mendaki gunung Rinjani.

2. Pura Batu Polong

Pura Batu Polong terletak di daerah Sengigi, Pulau Lombok. Pura Batu Polong sendiri berada di atas sebuah batu karang yang berwarna hitam dan mengarah ke laut. Pada bagian tengah batu karang ini terdapat sebuah lubang yang cukup besar, hingga pura inipun dinamai sebagai Pura Batu Polong. Layaknya beberapa pura yang terdapat di Pulau Bali yang juga memiliki lubang di bagian batu karangnya. Untuk dapat memasuki Pura Batu Polong ini, para wisatawan diwajibkan menggunakan kain yang berwarna kuning di bagian pinggang. Pura Batu Polong memiliki pemandangan dengan latar yang sangat indah, karena itulah layak untuk diabadikan ke dalam beberapa koleksi foto. Dan juga saat matahari tenggelam yang membuat keindahan Pura Batu Polong menjadi lebih indah.

3. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi favorit di Pulau Lombok. Letak Pantai Senggigi adalah di bagian barat Pulau Lombok, Pantai Senggigi memiliki suasana yang mirip sekali dengan Pantai Kuta yang ada di Bali, tapi mempunyai air laut yang lebih tenang dan cocok sekali dimanfaatkan untuk berendang serta snokeling. Dengan garis pantai yang memanjang, pantai inipun akan sangant memanjakan setiap mata yang melihatnya. Dengan hamparan pasir yang indah berpadu dengan air laut yang jernih. Karena itulah yang menjadikan Pantai Senggigi sebagai tempat wisata yang terkenal di Pulau Lombok, pun juga Pantai Senggigi memiliki berbagai fasilitas pendukung untuk para turis yang sedang berwisata di Pantai Senggigi seperti hotel, restoran, bar, saran transportasi, serta berbagai fasilitas pendukung yang lain.

4. Taman Narmada

Taman Narmada memiliki luas sekitar 10 km berlokasi di sebelah timur kota Mataram, tepatnya di Desa Lembuak. Taman seluas kurang lebih 2 hektar ini dulunya dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727. Dan dulunya taman ini digunakan sebagai tempat untuk beristirahat serta tempat diadakan berbagai upacara, namun sekarang taman ini sudah dialih fungsikan menjadi tempat wisata. Terdapat hal unik dari Taman Narmada, yakni desain dari taman ini adalah replika mini dari Gunung Rinjani, dan juga terdapat sumber mata airdari Gunung Rinjani yang diyakini dapat membuat awet muda ketika membasuh muka menggunakan air serta meminum airnya. Selain itu pemandangan yang juga tak kalah indah jika dibanding dengan tempat wisata yang lain.

5. Air Terjun Sendang Gile

Letaknya berada di bagian Lombok Utara, Air Terjun Sendang Gile memiliki jarak sekitar 60 km atau jarak tempuh 3 jam perjalanan dari kota Mataram. Tepatnya berada di kawasan Desa Senaru, Air Terjun Sendang Gile merupakan pintu awal untuk memulai pendakian Gunung RInjani. Sebab memiliki sumber air yang sama seperti yang terdapat di Taman Narmada, yang juga dipercaya dapat membuat awet muda jika membasuh serta meminum airnya. Namun untuk mendapatkan air dari Air Terjun Sendang Gile ini, perlu menaiki sebanyak sekitar 200 anak tangga terlebih dahulu. Tapi hal itu bukan menjadi hal yang sulit mengingat pemandangan yang indah yang dapat dilihat di sekitarnya.

Sekianlah beberapa tempat wisata Pulau Lombok pesona indah asri yang dapat dijadikan tempat tujuan yang akan dikunjungi nanti. Pulau Lombok masih memiliki tempat-tempat wisata lain yang masih banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Simaklah juga artikel yang lain.

Related : Wisata Pulau Lombok 5 Tempat Dengan Pesona Indah Banget